Perjalanan Menuju Guru Berprestasi Jawa Tengah 2012

Juli 19, 2012 pukul 7:55 am | Ditulis dalam Acara, Uncategorized | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Pertengahan tahun 2012, mewakili SMA Negeri 3 Semarang dalam pemilihan guru berprestasi. Alhamdulillah di tingkat kota Semarang, memberikan amanah dari hasil seleksi yang telah dilakukan. Dan bulan Juni maju ke tingkat Propinsi Jawa Tengah, Alhamdulillah mendapat juara satu yang akan mewakili Jawa Tengah di tingkat Nasional.

Penobatan guru berprestasi Jawa Tengah

Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan, doa dan kerja keras yang telah dibangun sejak lama, diantaranya dengan dekat terhadap para siswa. Memberikan materi pembelajaran yang kreatif,  inovatif, meyenangkan, dan memotivasi para peserta didik untuk lebih berkreasi dengan cerdas sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing.

Contohnya di tahun 2008 menugaskan siswa untuk membuat video dan liputan.

Inovasi pemberian tugas ke siswa

Selain dengan inovasi, juga melakukan pendekatan dengan para peserta didik, sehingga menjadi guru yang disukai anak dan secara psikologis anak didik akan merasa nyaman dan senang dan tertarik untuk selalu mengikuti pelajaran.

Mendampingi Siswa Berdiskusi

Membimbing siswa untuk gemar menulis ilmiah sesuai dengan bakat, minat dan komptensi peserta didik. Diantaranya pada ajang lomba tahunan seperti: OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), INEPO (International Environmental Project Olympiad), LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja), ISPO (Indonesian Science Project Olympiad), dan even ilmiah yang lainnya.

Mendampingi siswa di ajang INEPO 2012

Bersama Pencipta T-Box (Alat pengurai asap rokok)

Bersama Kontestan dan Pembina IPSO 2011

Selain dengan pembinaan dan pendampingan, untuk pertama kalinya di tahun 2012 ini dengan bantuan dari pemerintah, diadakan Science Camp. Yaitu kegiatan yang mengakomodasi minat, dan kompetensi anak dalam kepekaan dan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan science camp ini dapat melatih anak untuk langsung ke lokasi dan menemukan hal-hal atau ide penelitian yang dapat membantu masyarakat sekitarnya. Untuk pertama kalinya kegiatan ini diselenggarakan di Pantai Morosari Demak dan para peserta dikarantina selama tiga hari. Dengan demikian dalam waktu tiga hari tersebut para peserta dapat menemukan ide, lalu menuuangkan dalam penulisan ilmiah dan melanjutkannya dalam even lomba yang akan mereka ikuti.

Salah satu presentasi peserta Science Camp

Selain kegiatan dengan para peserta didik dalam penelitian dan pembelajaran, saya juga mengembangkan diri dengan mengikuti even yang mengispirasi untuk inovasi pembelajaran, diantaranya PTK, dan pengembagan profesi.

Pembelajaran di Kelas

Bebarapa media pengembangan profesi

Ajang guru berprestasi ini merupakan media untuk meluaskan pandangan dan wawasan. Menjadi juara dalam pemilihan guru berprestasi bukanlah akhir dari pengembangan profesi pendidik. Karena dedikasi sebagai seorang guru adalah mendidik dan mengantarkan para generasi untuk menjadi insan yang berprestasi dan berkarakter. Dan di pundak para generasi penerus inilah masa depan bangsa akan dipertaruhkan. Untuk menanamkan karakter generasi muda yang tetap berpijak pada nilai-nilai luhur budaya bangsa perlu dibiasakan sejak dini dan mencontohkan kepada para siswa melalui sikap, dan perilaku yang baik.

Semoga catatan ini dapat bermanfaat dan mengispirasi para pembaca untuk menjadi lebih baik dan berani berinovasi dalam usaha menciptakan generasi yang unggul, berprestasi dan berkarakter yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: