PENGEMBANGAN PARAGRAF EKSPOSISI

Ada beberapa model penghembangan paragraf eksposisi, anatara lain ; analogi, contoh, sebab-akibat, akibat-sebab, generalisasi

Analogi ; memaparkan sesuatu dengan menggunakan penyamaan atau perbandingan agar lebih jelas.

Contoh:

Eksposisi Analogi

Metode belajar yang baik adalah dengan belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktivitas belajar dengan kwantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisisan harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan dalam jumlah banyak pasti banyak pula air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol.

 

Eksposisi contoh

Kadang-kadang kepandaian dan keberuntungan tidak selalu sejalan. Hal yang terjadi di SMA 3, misalnya, di setiap tahun selalu ada siswa yang pandai dan mempunyai nilai akademik baik namun siswa tersebut tidak berhasil lolos SPMB. Di sisi lain ada siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang biasa-biasa saja namun berhasil lolos SPMB, bahkan pada jurusan-jurusan favorit.

Eksposisi sebab-akibat

Sudah dua minggu ini Jakarta diguyur hujan secara terus-menerus. Sungai Ciliwung mulai tidak mampu menampung debit air yang berlebihan. Hal ini juga diperparang dengan banyaknya sampah yang menghambat laju air sungai. Daerah resapan di kawasan Bogor, Puncak, dan Karawang sudah rusak oleh banyaknya bangunan yang tidak mempedulikan AMDAL. Hal itu berakibat Jakarta banjir hari ini.

Eksposisi generalisasi

Dari 1500 anak usia sekolah di Desa Sukamiskin diketahui bahwa ada 13 anak yang bersekolah melanjutkan ke jenjang SLTA, ada 25 anak yang berhasil melanjutkan ke tingkat SLTP, 500 berhasil lulus SD, yang lain tidak tamat sekolah dasar. Hal itu dapat dikatakan bahwa rata-rata anak usia sekolah di Desa Sukamiskin berpendidikan rendah.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kenapa gak semua paragraf yang di tampilkan…. masak cuman paragraf eksposisi aja…. yang laen kan juga pengen belajar…… mohon di pertimbangkan….

  2. thankx a lot…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: